Kuingin dicintai dengan hati
Bukan dengan ego..
Ku ingin disayang dengan rasa, bukan dengan logika..
Aku ingin dipahami dengan tulus
Tidak dengan terpaksa..
Aku ingin dimengerti
Tidak dengan tersiksa..

Aku butuh pasangan yang mau memahamiku
Yang mau mencintaiku
Yang mau mentolerir aku..

Yang mau menyayangiku setulus hatinya
Yang setia padaku
Yang mau menerima kekuranganku
Tidah hanya kelebihanku..

Aku butuh pasangan yang tak selalu membuatku kecewa..
Yang menepati janji janjinya..

Aku ingin ditenangkan saat kecewa,,
Ingin diyakinkan saat kuragu,,
Ingin ditenangkan saat kumarah,,

Aku bisa memahami jika pasanganku tidak bisa memenuhi keinginanku,,
Tapi tolong jangan berjanji kalau tak sanggup menepati..

Aku ingin pasanganku mengabulkan keinginanku dengan tulus,,
Tidak dengan terpaksa karena takut aku marah..

Jika memang tak sanggup, bilang dan berikan aku alasannya..
Aku tak akan marah..

Jika memang tak bisa, bicarakan..
Aku takkan berang..

Kuingin dicintai dan mencintai,,
Aku ingin dipahami dan memahami,,
Ku ingin kita bahagia..

Advertisements

Alhamdulillah klinik semester ini sudah beres sebelum UAS sehingga aku bisa konsentrasi buat UAS.. Seneng banget karena ngekost ini ku bisa full serius belajar tanpa gangguan,, kalo di rumah pasti gak bisa konsen,baru aja belajar diajak ngobrol ma mama lah, disuruh beliin adek maem lah, macem2 deh (tapi q ikhlas kok ma hehehe :D) sampe akhirnya kecapekan n ketiduran deh hehehe..

Walaupun saat ujian masih sempet jalan jalan makan malem bareng pacar tiap hari, sempet marah sakit hati gak jelas, sempet ngerasa gak nyaman banget, alhamdulillah UAS bisa dilalui dengan sukses.. Yah tinggal nunggu pengumuman kena UP ato nggak sih,, hehehe.. Sampai hari ini pengumuman UP baru 2 yang keluar,periodonsia n radiologi dental,, ku berdoa semoga aja gak kena UP di semua mata kuliah, nilaiku memuaskan,n IPku meningkat, amin..

Liburan semester ini lama banget.. Udah mulai libur sejak tanggal 16 Januari 2009 sampai tanggal 9 Maret 2009. Lama banget…T_T

Udah gitu liburnya saat aku gak pengen liburan lagi,gara gara sebelum UAS dah banyak libur,, akhirnya baru 2 hari liburan udah jenuh, ga ngerti mau ngapain..

Mau ke luar kota bareng temen temen masih gak tau kapan jadi ke luar kotanya,gara-gara nunggu pengumuman UP..
mau belanja belanja, bingung mau belanja apa lagi,,kemarin udah belanja baju n celana segala macem ampe habis lima ratus ribu dalam dua hari,,
mau nonton, filmnya udah q tonton semua kemaren sebelum UAS,,
mau nongkrong, nongkrong di mana lagi??

Sumpah bosen banget gw di Surabaya.. Pengen ke luar kota.. Pengen rekreasi.. Ato setidaknya pengen ada kegiatan kursus ato ngapain gitu, tapi mau kursus apa dalam 2 bulan ini?? Bingung..

Kasih masukan dunk.. Enaknya aku ngapain gitu, ato rekomendasi tempat rekreasi yang ok, yang ga jauh jauh dari surabaya,selain Jatim Park n WBL pastinya, udah sering kesana..

Biz baru kali ini neh aku libur kelamaan.. Sampai bingung mau ngapain.. (stress mode: on :D)

bedah mulut...

bedah mulut...

Lokal Komplikasi:

Patah Jarum

Penyebab: gerakan tiba-tiba jarum gauge (ukuran) kecil, jarum yang dibengkokan .

Pencegahan: kenalilah anatomi daerah yang akan dianestesi, gunakan jarum gauge besar, jangan gunakan jarum sapai porosnya, pake jarum sekali saja, jangan mengubah arah jarum, beritahu pasien sebelum penyuntikan.

Penaganan: tenang, jangan panic, pasien jangan bergerak, mulut harus tetap terbuka jika pragmennya kelihtan, angkat dengan hemostat keal, jika tidak terlihat diinsisi, beritahu pasien, kirim ke ahli bedah mulut.

Rasa Terbakar Pada Injeksi.

Sebab: pH larutan melampaui batas, injeksi larutan cepat, kontaminasi larutan catridge dengan larutan sterilisasi, larutan anestesi yang hangat.

Masalah: bisa terjadi iritasi jaringan, jaringan menjadi rusak.

Pencegahan: gunakan anestetik lokal yang pH kira-kira 5, injeksi larutan perlahan-lahan (iml/menit), cartridge disimpan pada suhu kamar, lokal anestetik tetap steril.

Rasa Sakit pada Injeksi

Sebab: teknik injeksi salah, jarum tumpul, deposit larutan cepat, jarum mengenai periosteum.

Pencegahan: penyuntikan yang benar, pakai jarum yang tajam, pakai larutan anestesi yang steril, injeksikan jarum perlahan-lahan, hindari penyuntikan yang berulang-ulang.

Penanganan: tidak perlu penangana khusus.

Parastesi (kelainan saraf akibat anestesi): tidak terasa.

Sebab: trauma (iritasi mekanis pada nervus akibat injeksi jarum/ larutan anestetik sendiri.)

Masalah: dapat terjadi selamanya, luka jaringan.

Pencegahan: injeksi yang tepat, penggunaan cartridge yang baik.

Penanganan: tenangkan pasien, pemeriksaan pasien (lamanya parastesia), pemeriksaan ulang sampai gejala hilang, konsul keahli bedah, mulut atau neurologi.

Trismus (gangguan membuka mulut).

Sebab: trauma pada otot untuk membuka mulut, iritasi, larutan, pendarahan, infeksi rendah pada otot.

Masalah: rasa sakit, hemobility (kemampuan mandibula untuk bergerak menurun).

Pencegahan: pakai jarum suntik tajam, asepsis saat melakukan suntikan, hindari injeksi berulang-ulang, volume anestesi minimal.

Penanganan: terapi panas (kompres daerah trismus 15-20 menit) setiap jam. Analgetik obat relaksasi otot, fisioterapi (buka mulut 5- 10 menit tiap 3 jam), megunyah permen karet, bila ada infeksi beri antibiotik alat yang digunakan untuk membuka mulut saat trismus.

Hematoma (efusi darah kedalam ruang vaskuler).

Sesbab: robeknya pembuluh darah vena/ arteri akibat penyuntikan, tertusuknya arteri/ vena, dan efusi darah.

Pencegahan: anatomi dan cara injeksi harus diketahui sesuai dengan indikasi, jumlah penetrasi jarum seminimal mungkin.

Penanganan: penekanan pada pembuluh darah yang terkena, analgetik bila nyeri, aplikasi pada pada hari berikutnya.

Infeksi.

Sebab: jarum dan daerah operasi tidak steril, infeksi mukosa masuk kedalam jaringa, teknik pemakaian alat yang salah

Pencegahan: jarum steril, aseptic, hindari indikasi berulang-ulang.

Penanganan: terapi panas, analgesic, antibiotic.

Udema (Pembengkakan Jaringan)

Sebab: trauma selama injekasi, infeksi, alergi, pendarahan, irirtasi larutan analgesic.

Pencegahan: pemakaian alat anestesi lokal yang betul, injeksi atraumatik, teliti pasien sebelum pemberian larutan analgesic.

Penanganan: mengurangi pembengkakan secepat mungkin, bila udema berhubungan dengan pernafasan maka dirawat dengan epinefrin 8,3 mg IV/Im, antihistramin IV/im. Kortikosteroid IV/ IM, supinasi, berikan basic life support, tracheastomi, bila sumbat nafas, evaluasi pasien.

Bibir Tergigit.

Sebab: [emakaian long acting anestesi lokal.

Masalah: bengkak dan sakit.

Pencegahan: pilih anastetik durasi pendek, jangan makan/minum yang panas, jangan mengigit bibir.

Peanganan: analgesi, antibiotic, kumur air hangat beri vaselinàlipstik.

Paralyse N. Facialis (N. Facialis ter anestesi)

Sebab: masuknya larutan anestesi ke daam kapsul/ substransi grandula parotid.

Masalah: kehilangan fungsi motoris otot ekspersi wajah. Mata tidak bisa mengedip.

Pencegahan: blok yang benar untuk n. Alveaolaris inferior, jarum jangan menyimpang lebih kepost Waktu blok n. alveolaris inferior.

Penanganan: beritahu pasien, bahan ini bersifat sementara, anjurkan secara periodic membuka dan menutup mata.

Lesi Intra Oral Pasca Anestesi.

Penyebab: stomatitis apthosa rekuren, herpes simpleks.

Masalah: pasein mengeluh sensitivitas akut pada daerah uslerasi.

Penanganan: simptomatik, kumur-kumur dengan larutan dipenhidramin dan susu magnesium.

Sloughing pada Jairngan.

Penyebab: epitel desquamasi, abses steril.

Masalah: sakit hebat.

Pencegahan: pakai topical anestesi, bila memakai vasokonstriktor jangan berlebihan.

Penanganan: secara simptomatik, rasa sakit diobati dengan analgesic (aspirin/ kodein secara topical)

Syncope (fainting).

Merupakan bentuk shock neurogenik.

Penyebab: isohemia cereoral sekunder, penurunan volume darah ke otak, trauma psikologi.

Masalah: kehilangan kesadara.

Pencegahan: fentilasi yang cukup, posisi kepala lebih rendah dari tubuh, hentikan bila terjadi perubahan wajah pasien.

Penanganan: posisikan kepala lebih rendah dari tubuh, kaki sedikit diangkat, bila sadar anjurkan tarik nafas dalam-dalam, rangsang pernaasan dengan wangi-wangian.

Fiuh, lama nian aku gak nge-blog….

kesibukan UAS…. ngurusi OSPEK… BEM… cari pasien…. bikin aku gak sempet ke warnet..

habis wordpress gak nyediain sarana untuk nulis lewat hape sih, jadinya ini blog jadi gak aktif :((

banyak banget kejadian beberapa bulan ini, dari ke-‘nggetu’-anku belajar buat UAS yang hasil akhirnya cuman ngepas 3,00 huhuhu :((, liburanq yang tanpa liburan cuz sibuk abiz jadi panitia ospek, sampe betapa menahan malunya aku ngajak-ngajak kenalan cowok di ITS demi mencari pasien, fiuh :(…

oh ya, gara-gara kesibukanq yang seabrek itu, akhirnya aku putuskan buat ngekost!!!! Bayangkan!!! Rumah di Surabaya, jarak rumah-kampus hanya 10 menit ditempuh dengan motor, kendaraan ada,, tapi ngekost!!!! tapi ya mau gimana lagi, kesibukanq membuatku sering pulang malam, daripada aku ambruk, akhirnya orang tuaku memutuskan bahwa Nindy harus ngekost!! fiuh…..

but it’s ok, ngekost menyenangkan koq, apalagi kost-anq sangat menyenangkan 🙂

bayangkan, harga sewa kostQ sebulan cuman Rp 330.000,00 tapi baju dicuciin, piring dicuciin, masak nasi dimasakin, jadi cuman tinggal setrika n beli lauk di luar hehehe :D, temen-temen kostnya juga friendly, walopun q anak baru, mereka tidak memperlakukanku semena-mena koq, jadi menyenangkan, ditambah lagi suasananya yang sangat kondusif buat belajar, gak kayak di rumah, adekQ marah-marah melulu :((

yang agak susah c makannya kalau buat aq, cuz kalo udah sampai kost, bawaannya sudah males keluar rumah gitu, kalau di rumah mah enak, ada dek putri yang bisa q aniaya hehehe (maaf ya dek putriQ sayang ^:)^ ) lha di kost ini, siapa yang bisa disuruh-suruh??? awalnya aku akhirnya makan makanan gak sehat mulu, sosis, nugget, telur, mie, kornet, gitu-gitu tiap hari, koq lama- lama gak enak, untungnya adek kostQ ada yang bisa dititipi beli makanan, alhasil tiap hari nitip deh hehehe 😀

btw, jadi panitia ospek ok juga lho… q jadi sie evaluasi, walaupun lumayan repot cuz sibuk ngoreksi tugas-tugas maba, tapi menyenangkan koq, jadi terkenal gitu, banyak kenal ma adek kelas juga, n dimintai tanda tangan hehehe:D

ospek 2008 ini menyenangkan banget deh konsep acaranya, maba-maba FKG unai diajak banyak main game, bagi-bagi sikat gigi gratis yang disponsori Pepsodent, nyanyi-nyanyi bareng, pokoknya tanpa pressing deh—-> ya beda banget lah sama fakultas sebelah hehehe (buat anak FK maaph yak ^:)^ )

yah intinya liburan kemaren sibuk abizzz tapi menyenangkan ^_^

Ku tak tahu, mengapa kau jadi begitu..
Ku tak mengerti mengapa kau berubah..
Kau tak seperti dulu..
Apakah kau marah padaku?
Apa kau sakit hati karenaku?
Tolong jelaskan apa salahku
Jangan hanya diam
Dan membiarkan ku menggantung seperti ini
Karna ku sayang kamu..
Karna ku rindu kamu..
Sahabatku

Jika memang ku bersalah padamu
Tolong,
Kumohon maafkan aku..

Maaf jika ku tak seperti yang kau pinta,
Tak seperti yang kau harapkan..
Tak sesempurna yang kau inginkan

Periodontal (gum) diseases, including gingivitis and periodontitis, are serious infections that, left untreated, can lead to tooth loss. The word periodontal literally means “around the tooth.” Periodontal disease is a chronic bacterial infection that affects the gums and bone supporting the teeth. Periodontal disease can affect one tooth or many teeth. It begins when the bacteria in plaque (the sticky, colorless film that constantly forms on your teeth) causes the gums to become inflamed.

Gingivitis

Gingivitis is the mildest form of periodontal disease. It causes the gums to become red, swollen, and bleed easily. There is usually little or no discomfort at this stage. Gingivitis is often caused by inadequate oral hygiene. Gingivitis is reversible with professional treatment and good oral home care.

Periodontitis

Untreated gingivitis can advance to periodontitis. With time, plaque can spread and grow below the gum line. Toxins produced by the bacteria in plaque irritate the gums. The toxins stimulate a chronic inflammatory response in which the body in essence turns on itself, and the tissues and bone that support the teeth are broken down and destroyed. Gums separate from the teeth, forming pockets (spaces between the teeth and gums) that become infected. As the disease progresses, the pockets deepen and more gum tissue and bone are destroyed. Often, this destructive process has very mild symptoms. Eventually, teeth can become loose and may have to be removed.

There are many forms of periodontitis. The most common ones include the following.

* Aggressive periodontitis occurs in patients who are otherwise clinically healthy. Common features include rapid attachment loss and bone destruction and familial aggregation.
* Chronic periodontitis results in inflammation within the supporting tissues of the teeth, progressive attachment and bone loss. This is the most frequently occurring form of periodontitis and is characterized by pocket formation and/or recession of the gingiva. It is prevalent in adults, but can occur at any age. Progression of attachment loss usually occurs slowly, but periods of rapid progression can occur.
* Periodontitis as a manifestation of systemic diseases often begins at a young age. Systemic conditions such as heart disease, respiratory disease, and diabetes are associated with this form of periodontitis.
* Necrotizing periodontal disease is an infection characterized by necrosis of gingival tissues, periodontal ligament and alveolar bone. These lesions are most commonly observed in individuals with systemic conditions such as HIV infection, malnutrition and immunosuppression.

========================================================================

Tulisan di atas adalah pengertian, macam, dan gejala, serta penyebab periodontitis, lumayan serem kan??? jadi sering-seringlah periksa kesehatan mulut anda, menggosok gigi dengan cara yang benar secara teratur, dan kontrol ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali sehingga semua penyakit gigi dan mulut anda dapat didiagnosa secara dini, sehingga segala penyakit yang ada dalam rongga mulut anda dapat diatasi secepatnya dengan penanganan yang baik, karena penyakit gigi dan mulut tidak hanya gigi berlubang saja, melainkan juga periodontitis atau gusi berdarah, kanker mulut ( yang sudah banyak memakan korban), sariawan dengan berbagai komplikasinya, bahkan penyakit sistemik yang penyebabnya berasal dari bakteri yang terdapat di dalam mulut.

Jadi………………
>>Gosoklah gigi dengan cara yang benar 2 kali sehari
>>Makan makanan yang bergizi
>>Periksa keadaan gigi dan mulut anda
>>Jangan memakai sikat gigi bergantian
Dan……………….
>> Jangan lupa kontrol ke dokter gigi pribadi anda 6 bulan sekali 🙂

Sabtu kmaren anak-anak HMI ngadain baksos, maka sebagai anggota yang baik, ikutlah saya berpartisipasi dalam baksos tersebut. dalam baksos ini semua anggota HMI FKG UA angkatan 2004,2005,2006 wajib jadi operator buat nambah ilmu n latihan menghadapi pasien gitu deh….
Karena blom masuk klinik dan belum pernah ikut baksos sama sekali, sehari sebelumnya aku grogi dan ngerasa ketar-ketir bin gelisah gitu, takutnya ntar malpraktek lagi,bisa dituntut aku… apalagi aku nggak pernah ikut upgrading yang berguna banget agar bisa ngerawat pasien.
Besoknya datang pagi pagi banget, kumpul di komisariat HMI FKG jam 6 pagi buat breafing terakhir. Akhirnya jam 8 pagi berangkatlah kami ke SMA 1 Kebomas Gresik buat acara baksos kita….
Awalnya grogi juga sih, tapi mengingat kita harus bertampang se-meyakinkan mungkin, akhirnya mukaku jadi sok sokan pinter n bisa gitu deh…. hehehe 😀
perawatan pertama yang akan aku lakukan adalah BM ato bedah mulut yang tugasnya nyabut gigi pasien gitu, tapi karena anak SMA, pada takut semua dicabut, jadi nggak ada pasien alias nganggur deh. shift keduaku periodontal, di bagian ini tugasku membersihkan karang gigi pasien, alhamdulillah banyak juga pasiennya, banyak-banyak lagi karang giginya, n alhamdulillah lagi aku bisa ngebersihin karang giginya sampai bersih :). shift ketiga aku ditempatkan di bagian konservasi, buat nambal gigi gitu, tapi karena belum banyak pasiennya, aku nggak ngerjain pasien n istirahat aja. yah akhirnya malah konservasi gigi yang akunya udah dapet pelajarannya nggak kupraktekin hari itu…
yah nggak apa-apa deh, minggu depan kan ada baksos lagi di Liponsos, pokoknya aku harus ngerjain pasien konservasi!!! hehehe, yang penting baksos minggu ini sudah berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti 🙂
minta doanya ya teman agar baksos minggu depan berhasil dan berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun , amin 🙂

Udah seminggu gak ngisi BBM…. begitu ngisi….

Ya ampun gila!!!!!! 😮 kalo biasanya isi BBM buat motor full maksimal cuman 15 ribu, tadi Q isi 24 ribupun blom full… ampun deh, bener2 shock gw….. pantesan aja pom bensinnya sepi, padahal biasanya sampe antri lho!!!

BBM naik….

Makanan n jajanan naek…..

Uang saku kok gak ikut naik sih??? hiks :((